LINESPLAN
1. Apa
yang dimaksud dengan linesplan?
Secara umum, lines plan / Rencana Garis adalah proyeksi ortogonal pada tiga pandangan lambung kapal (depan/body plan, samping/sheer plan, atas/buttock plan),
dibentuk oleh garis-garis di tiap station dan merupakan gambar dasar yang digunakan dalam menentukan perencanaan selanjutnya.
NB: Station
diterjemahkan sebagai bidang imajiner yang membagi panjang kapal menjadi
beberapa bagian sesuai perencanaan.
2. apa
yang dimaksud dengan CSA?
Curves Sectional Area adalah kurva yang menunjukkan besarnya
luasan masing-masing station.
3. apa
yang dimaksud bodyplan, sheerplan,
buttockplan?
Body plan: Salah satu komponen Rencana Garis yang merupakan
proyeksi lambung kapal dilihat dari depan
Sheer plan: Salah satu komponen Rencana Garis yang merupakan
proyeksi lambung kapal dilihat dari samping
Buttock Plan / Buttock Line: Salah satu komponen Rencana Garis
yang merupakan proyeksi lambung kapal dilihat dari atas, dan menunjukkan bentuk
garis air.
4. Jika lantai gambar berukuran 20x20,
dapatkah digunakan untuk menggambar linesplan kapal sepanjang 40m dengan skala
1:1? Bagaimana caranya?
Sebagaimana fungsinya, Mould Loft (lantai gambar) digunakan untuk menggambar lines plan
dengan skala 1:1 (sebenarnya) sehingga ada batasan ukuran kapal yang bisa
digambar di lantai gambar. Untuk kapal dengan panjang (LOA) lebih panjang dari
lantai gambar, bisa digambar dengan cara sebagai berikut:
a.
Jika Portside
dan starboard kapal simetris
(sebagaimana kebanyakan kapal niaga), proyeksi hanya digambar setengah lebar
kapal (1/2B) dari Ceter Line.
b.
Panjang kapal dibagi dua bagian, di mana panjang yang
diukur dari stern hingga midship digambar di salah satu sisi dari Center Line, dan panjang yang diukur
dari midship ke haluan (bow) digambar di sisi lainnya.
c.
Langkah yang sama bisa dilakukan dalam penggambaran body plan dan buttock line.
5. Jika
pada lantai gambar terdapat beberapa gambar, bagaimana cara membedakan bagian starboard dan portside serta after dan fore?
Untuk memudahkan dalam membedakan
bagian-bagian kapal yang digambar, digunakan warna yang berbeda.
6. Apa
yang dimaksud dengan PMB?
Parallel Middle Body di sepanjang badan kapal berada di tengah
(middle) dengan bentuk penampang dan
luasan yang sama. Kapal dengan muatan curah (tanker) cenderung memiliki PMB lebih panjang untuk cargo hold.
7. Bagaimana
cara mengetahui
jenis kapal (cargo/tanker/container
ship/other) jika hanya terdapat linesplan?
Kapal baja untuk keperluan niaga, dengan
bentuk hull (lambung) yang tidak
berbeda jauh, dapat dibedakan antara satu dengan lainnya dari besarnya free
board (lambung timbul). Pada kapal muatan curah (tanker ship), freeboard
cenderung lebih kecil dibanding general
cargo dan container ship.
Pemilihan bulwark ataupun railling
sebagai pembatas sisi luar dapat juga dijadikan pertimbangan, karena tanker
ship seringkali direncanakan menggunakan railling dan kapal bermuatan kering
cenderung menggunakan bulwark di sepanjang badan kapal. Namun, hal ini tidak
dapat dijadikan patokan, mengingat fungsi dari bulwark dan railling hanya
sebagai pagar atau pengaman/pembatas dengan bagian luar kapal, dan tidak
memiliki kaitan terhadap performance
kapal.
8. Jelaskan
cara membuat bodyplan?
Contoh pada PMB:
a.
Membuat
centerline
b.
Membuat
base line dari center line hingga selebar 1/2B
c.
Membuat
garis setinggi H
d.
Membuat
radius bilga
e.
Membuat
garis sarat (T)
f.
Melengkapi
gambar dengan ukuran dan dimensi
9. Apa yang dimaksud displacement, DWT, LWT?
a.
Displacement:
Berat zat cair yang mampu dipindahkan oleh badan kapal tercelup.
Displacement = L x B x T x Cb
Cb = koefisien blok
b.
DWT :
Berat yang dapat diangkut kapal.
Komponen DWT : Muatan, bahan bakar, air tawar, minyak pelumas, crew dan
penumpang,
c.
LWT :
Berat kapal kosong
Komponen
LWT : Konstruksi dan pelat, mesin dan permesinan, fixed ballast jika ada, perabotan dan barang-barang lain yang tidak
dapat dipindahkan dari kapal.
HYDROSTATIC CURVE
HYDROSTATIC CURVE
1. Apa
fungsi kurva hydrostatic?
menggambarkan karakteristik badan kapal yang terbenam dalam air
atau air laut, dan kurva-kurva ini digambarkan pada berbagai sarat (T) pada
saat kapal dalam kondisi even keel
2. Apa
beda moulded displacement
dan displacement including
shell?
a.
Moulded displacement : adalah
displasement bersih, berat air yang
dipindahkan oleh badan kapal yang tercelup dalam air pada kondisi tanpa kulit
(ton)
b.
’(Disp) Displacement Including Shell :
berat air yang dipindahkan oleh badan kapal tercelup dengan kulit kapal.
(Dimensi yang diukur ditambah ketebalan pelat).
3. Apa
yang dimaksud dengan kurva TPC?
Ton per Centimetre Immersed: Besarnya ton yang yang dibutuhkan unruk menambah sarat (T)
sebesar 1 cm.
Penambahan berat (TPC) = t x WPA x 1.025 (ton), dimana
t adalah tebal pelat tiap water line.
4. Pertanyaan lanjutan No. 3
Jika
dibutuhkan 10 ton untuk menambah draft
sebesar 1cm apakah dibutuhkan 10 ton juga untuk mengurangi draft sebesar 1 cm? jelaskan.
Berat untuk pengurangan draft akan berbeda karena kurva TPC untuk menentukan berat yang dibutuhkan untuk
menambah sarat, bukan untuk mengurangi sarat.
5. Jika
kapal trim apakah displacement-nya sama dengan saat evenkeel? Jelaskan.
Pada kondisi trim maupun evenkeel,
kapal etap memiliki displacement yang
sama. Hal ini karena tidak ada pertambahan dan pengurangan muatan, tetapi ada
distribusi muatan yang berbeda. Sehingga, antara sisi depan maupun belakang
kapal mempunyai sarat yang berbeda.
6. Apa
yang dimaksud kurva DDT (Displacement Due to Trim One Centimetre)?
Jelaskan fungsinya.
DDT adalah besarnya perubahan displacement
kapal yang diakibatkan oleh perubahan trim kapal sebesar 1 cm. Meskipun pada kondisi evenkeel dan trim kapal mempunyai
displacement yang sama, namun ada perbedaan hasil penghitungan dengan kondisi
actual. Pada kondisi actual, sumbu trim ada pada
(Length Center of Floatation).
Sedangkan pada kurva hidrostatik, acuan yang digunakan adalah midship. Kurva
DDT digunakan sebagai koreksi perbedaan hasil perhitungan tersebut.
7. Gambarkan
kondisi trim by stern 1m pada sarat
kapal 3 m.
Langkah-langkah
menggambar kondisi trimby stern secara sederhana,
-
Menggambar Base Line
-
Menggambar tampak samping
kapal
-
Menentukan sarat depan (T
– ½) dan sarat belakang (T + ½)
-
Menentukan posisi sarat
depan dan sarat belakang
-
Menghubungkan sarat depan
dan belakang dengan garis lurus.
8. Bagaimana
cara mengetahui kebutuhan cat lambung kapal jika hanya ada kurva hidrostatik?
Kebutuhan cat dapat diketahui dari luasan lambung kapal,
dikalikan dengan ketebalan cat yang diinginkan. Luas permukaan lambung dapat
dilihat dari kurva WSA (Wetted Surface
Area), yaitu luas permukaan lambung yang tercelup ke dalam air.
9. Bagaimana
cara mengetahui berat lambung kapal dari kurva hidrostatik?
Berat lambung dihitung dari shell displacement, yang besarnya:
Sell displacement = Disp. Including shell – disp. Moulded (ton)
Berat lambung (w) = V shell * ρ material
Berat lambung (w) = (Shell
disp./ 1.025 ton/m³) * 7,85 ton/m³
0 comments:
Post a Comment