Home » » Soal dan jawaban Sidang

Soal dan jawaban Sidang


LINESPLAN
1.      Apa yang dimaksud dengan linesplan?
Secara umum, lines plan / Rencana Garis adalah proyeksi ortogonal pada tiga pandangan lambung kapal (depan/body plan, samping/sheer plan, atas/buttock plan), dibentuk oleh garis-garis di tiap station dan merupakan gambar dasar yang digunakan dalam menentukan perencanaan selanjutnya.
NB: Station diterjemahkan sebagai bidang imajiner yang membagi panjang kapal menjadi beberapa bagian sesuai perencanaan.

2.      apa yang dimaksud dengan CSA?
Curves Sectional Area adalah kurva yang menunjukkan besarnya luasan masing-masing station.

3.      apa yang dimaksud bodyplan, sheerplan, buttockplan?
Body plan: Salah satu komponen Rencana Garis yang merupakan proyeksi lambung kapal dilihat dari depan
Sheer plan: Salah satu komponen Rencana Garis yang merupakan proyeksi lambung kapal dilihat dari samping
Buttock Plan / Buttock Line: Salah satu komponen Rencana Garis yang merupakan proyeksi lambung kapal dilihat dari atas, dan menunjukkan bentuk garis air.

4.      Jika lantai gambar berukuran 20x20, dapatkah digunakan untuk menggambar linesplan kapal sepanjang 40m dengan skala 1:1? Bagaimana caranya?
Sebagaimana fungsinya, Mould Loft (lantai gambar) digunakan untuk menggambar lines plan dengan skala 1:1 (sebenarnya) sehingga ada batasan ukuran kapal yang bisa digambar di lantai gambar. Untuk kapal dengan panjang (LOA) lebih panjang dari lantai gambar, bisa digambar dengan cara sebagai berikut:
a.       Jika Portside dan starboard kapal simetris (sebagaimana kebanyakan kapal niaga), proyeksi hanya digambar setengah lebar kapal (1/2B) dari Ceter Line.
b.      Panjang kapal dibagi dua bagian, di mana panjang yang diukur dari stern hingga midship digambar di salah satu sisi dari Center Line, dan panjang yang diukur dari midship ke haluan (bow) digambar di sisi lainnya.
c.       Langkah yang sama bisa dilakukan dalam penggambaran body plan dan buttock line.

5.      Jika pada lantai gambar terdapat beberapa gambar, bagaimana cara membedakan bagian starboard dan portside serta after dan fore?
Untuk memudahkan dalam membedakan bagian-bagian kapal yang digambar, digunakan warna yang berbeda.

6.      Apa yang dimaksud dengan PMB?
Parallel Middle Body di sepanjang badan kapal berada di tengah (middle) dengan bentuk penampang dan luasan yang sama. Kapal dengan muatan curah (tanker) cenderung memiliki PMB lebih panjang untuk cargo hold.

7.      Bagaimana cara mengetahui jenis kapal (cargo/tanker/container ship/other) jika hanya terdapat linesplan?
Kapal baja untuk keperluan niaga, dengan bentuk hull (lambung) yang tidak berbeda jauh, dapat dibedakan antara satu dengan lainnya dari besarnya free board (lambung timbul). Pada kapal muatan curah (tanker ship), freeboard cenderung lebih kecil dibanding general cargo dan container ship.
Pemilihan bulwark ataupun railling sebagai pembatas sisi luar dapat juga dijadikan pertimbangan, karena tanker ship seringkali direncanakan menggunakan railling dan kapal bermuatan kering cenderung menggunakan bulwark di sepanjang badan kapal. Namun, hal ini tidak dapat dijadikan patokan, mengingat fungsi dari bulwark dan railling hanya sebagai pagar atau pengaman/pembatas dengan bagian luar kapal, dan tidak memiliki kaitan terhadap performance kapal.

8.      Jelaskan cara membuat bodyplan?
Contoh pada PMB:
a.       Membuat centerline
b.      Membuat base line dari center line hingga selebar 1/2B
c.       Membuat garis setinggi H
d.      Membuat radius bilga
e.       Membuat garis sarat (T)
f.       Melengkapi gambar dengan ukuran dan dimensi

9.      Apa yang dimaksud displacement, DWT, LWT?
a.       Displacement: Berat zat cair yang mampu dipindahkan oleh badan kapal tercelup.
Displacement = L x B x T x Cb
Cb = koefisien blok
b.      DWT : Berat yang dapat diangkut kapal.
Komponen DWT : Muatan, bahan bakar, air tawar, minyak pelumas, crew dan penumpang,
c.       LWT : Berat kapal kosong
Komponen LWT : Konstruksi dan pelat, mesin dan permesinan, fixed ballast jika ada, perabotan dan barang-barang lain yang tidak dapat dipindahkan dari kapal.


HYDROSTATIC CURVE


1.      Apa fungsi kurva hydrostatic?
menggambarkan karakteristik badan kapal yang terbenam dalam air atau air laut, dan kurva-kurva ini digambarkan pada berbagai sarat (T) pada saat kapal dalam kondisi even keel

2.      Apa beda moulded displacement dan displacement including shell?
a.       Moulded displacement : adalah displasement  bersih, berat air yang dipindahkan oleh badan kapal yang tercelup dalam air pada kondisi tanpa kulit (ton)
b.      ’(Disp) Displacement Including Shell : berat air yang dipindahkan oleh badan kapal tercelup dengan kulit kapal. (Dimensi yang diukur ditambah ketebalan pelat).

3.      Apa yang dimaksud dengan kurva TPC?
Ton per Centimetre Immersed: Besarnya ton yang yang dibutuhkan unruk menambah sarat (T) sebesar 1 cm.
Penambahan berat (TPC)       =  t x WPA x 1.025   (ton), dimana t adalah tebal pelat tiap water line.

4.      Pertanyaan lanjutan No. 3
Jika dibutuhkan 10 ton untuk menambah draft sebesar 1cm apakah dibutuhkan 10 ton juga untuk mengurangi draft sebesar 1 cm? jelaskan.
Berat untuk pengurangan draft akan berbeda karena kurva TPC untuk menentukan berat yang dibutuhkan untuk menambah sarat, bukan untuk mengurangi sarat.

5.      Jika kapal trim apakah displacement-nya sama dengan saat evenkeel? Jelaskan.
Pada kondisi trim maupun evenkeel, kapal etap memiliki displacement yang sama. Hal ini karena tidak ada pertambahan dan pengurangan muatan, tetapi ada distribusi muatan yang berbeda. Sehingga, antara sisi depan maupun belakang kapal mempunyai sarat yang berbeda.

6.      Apa yang dimaksud kurva DDT (Displacement Due to Trim One Centimetre)? Jelaskan fungsinya.
DDT adalah besarnya perubahan displacement kapal yang diakibatkan oleh perubahan trim kapal sebesar 1 cm. Meskipun pada kondisi evenkeel dan trim kapal mempunyai displacement yang sama, namun ada perbedaan hasil penghitungan dengan kondisi actual. Pada kondisi actual, sumbu trim ada pada (Length Center of Floatation). Sedangkan pada kurva hidrostatik, acuan yang digunakan adalah midship. Kurva DDT digunakan sebagai koreksi perbedaan hasil perhitungan tersebut.

7.      Gambarkan kondisi trim by stern 1m pada sarat kapal 3 m.
Langkah-langkah menggambar kondisi trimby stern secara sederhana,
-          Menggambar Base Line
-          Menggambar tampak samping kapal
-          Menentukan sarat depan (T – ½) dan sarat belakang (T + ½)
-          Menentukan posisi sarat depan dan sarat belakang
-          Menghubungkan sarat depan dan belakang dengan garis lurus.

8.      Bagaimana cara mengetahui kebutuhan cat lambung kapal jika hanya ada kurva hidrostatik?
Kebutuhan cat dapat diketahui dari luasan lambung kapal, dikalikan dengan ketebalan cat yang diinginkan. Luas permukaan lambung dapat dilihat dari kurva WSA (Wetted Surface Area), yaitu luas permukaan lambung yang tercelup ke dalam air.

9.      Bagaimana cara mengetahui berat lambung kapal dari kurva hidrostatik?
Berat lambung dihitung dari shell displacement, yang besarnya:
Sell displacement   = Disp. Including shell – disp. Moulded (ton)
Berat lambung (w) = V shell * ρ material
Berat lambung (w) =   (Shell disp./ 1.025 ton/m³) * 7,85 ton/m³






0 comments:

Post a Comment

Bambang Soefiyandono

Bambang Soefiyandono
Fian

Profil Saya

Facebook Like

Powered by Blogger.

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. BAMBANG SOEFIYANDONO Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger